Apakah konsep pendekatan dan metode
pembelajaran yang ditawarkan Kurikulum 2013 merupakan konsep yang baru.
Menelaah kaimatnya saya beranggapan bahwa konsep yang ditawarkan oleh
Kurikulum 2013 bukan merupakan hal yang baru. Pada Kurikulum KTSP bahkan
kurikulum sebelumnya juga menawarkan hal yang sama. Jauh sebelum
Kurikulum KTSP kita mengenal yang namanya CBSA (Cara Belajar Siswa
Aktif). Di Kurikulum KTSP bahkan kita disuguhi berbagai macam pendekatan
dan metode pembelajaran mutakhir yang pada ntinya pembelajaran berpusat
pada siswa, misal :
- Pembelajaran Konstruktivisme,
- PAKEM,
- Pembelajaran Kontekstual,
- Quantum Learning,
- Pembelajaran Aktif,
- Pembelajaran Berdasarkan Masalah,
- Pembelajaran Inkuiri,
- Pembelajaran Kooperatif dengan aneka tipenya,dan lain sebagainya.
Sebenarnya yang menjadi permasalahannya
adalah tingkat implementasi yang rendah dari pendekatan dan metode
pembelajaran tersebut. Bila kita melakukan observasi maka masih banyak
guru yang menggunakan metode ceramah (Chalk and Talk Approach)
apapun kurikulum yang digunakan. Bila kondisi ini dibiarkan terus bukan
tidak mungkin Kurikulum 2013 tidak akan membawa dampak positif untuk
meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan demikian menjadi
penting sekali guru dibekali (misal dengan pelatihan yang memadai)
pendekatan dan metode pembelajaran yang bersifat student centered active learning, bersamaan dengan diberlakukannya Kurikulum 2013. Pelatihannya jangan asal-asalan, tetapi pelatihan yang benar-benar pelatihan.
sumber : http://fatkoer.wordpress.com/2013/03/08/pendekatan-dan-metode-pembelajaran-dalam-kurikulum-2013/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar